UPAYA HILANGKAN DISPARITAS KUALITAS PENDIDIKAN - EDUKASI ONLINE STYLE
Headlines News :

dasdasd

Home » » UPAYA HILANGKAN DISPARITAS KUALITAS PENDIDIKAN

UPAYA HILANGKAN DISPARITAS KUALITAS PENDIDIKAN

Written By Edukasi Onlinestyle on Selasa, 14 Februari 2012 | Selasa, Februari 14, 2012


                                                           
                         
  Dewasa ini Sumber Daya Manusia dituntut mampu berkompetisi dalam dunia global. Membangun sumber daya  manusia berkualitas tentu merupakan suatu tantangan tersendiri. Akhir-akhir ini bangsa Indonesia dihadapkan pada kondisi sangat terpuruknya mutu pendidikan, walaupun tidak dapat kita pungkiri dilain sisi terdapat beberapa anak bangsa berhasil mencetak prestasi yang membanggakan bagi kita . Tentunya kita tidak dapat berpuas diri dengan hanya mengandalkan beberapa orang saja dari sekian ratus juta jiwa anak bangsa yang hidup di republik ini dalam mencetak berbagai prestasi berkaliber dunia.
Kita hidup dalam dunia yang penuh perubahan. Jika kita tidak mampu mengelola perubahan itu menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi kita maka dengan sendirinya kita akan tergilas didalam perubahan itu. Perubahan terjadi dimana mana, termasuk dalam dunia pendidikan kita.Bagi negara yang sedang berkembang termasuk Indonesia saat ini sedang melakukan proses pembangunan di segala bidang. Untuk melaksanakan pembangunan itu dibutuhkan sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Satu-satunya lembaga yang mampu mencetak  Sumber Daya Manusia ( SDM ) berkualitas adalah  lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan akan mampu mencetak SDM yang berkualitas manakala sekolah mampu mengelola pendidikan dengan cara profesional,sedangkan pengelolaan pendidikan secara profesional akan terwujud manakala didukung oleh tenaga pendidik dan kependidikan  yang profesional pula. Kesadaran akan pentingnya mutu pendidikan sungguh merupakan tantangan yang tidak ringan. Pemerintah sudah cukup serius untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan berbagai cara antara lain dengan program Ujian Nasional,Akreditasi Sekolah,serta Sertifikasi bagi guru. Jika kita baru berpikir bahwa kita harus berubah, sesungguhnya kita belum terlambat asal kita segera berbuat . Oleh karenanya permasalahan ini harus segera diatasi. Mutu pendidikan yang terpuruk di negeri ini harus kita tekan. Setiap lembaga pendidikan yang ada di republik ini memiliki tanggung jawab besar terhadap mutu pendidikan yang dimulai dari proses pendidikan itu sendiri dan berakhir pada hasil pendidikan yang dicapai( Output)
Ada angin segar yang membuat saya optimis bahwa mutu pendidikan khusunya  di Kabupaten Situbondo akan segera meningkat setelah saya mendengar langsung serta memahami rencana Bupati Situbondo yang dilontarkan dalam sambutannya pada Talk Show yang digelar oleh sekelompok mahasiswa Situbondo yang tergabung dalam “ Jong Situbondo “beberapa waktu lalu.
Dalam sambutannya bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Situbondo akan segera membentuk “ Second City”,yaitu program terbentuknya sekolah berkualitas   di daerah kecamatan Besuki dan  Kecamatan Asembagus sebagai 2 Kecamatan yang akan dijadikan Pilot Project “Second City” dengan tujuan  memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu  kepada masyarakat Situbondo. Kalau sebelumnya masyarakat Besuki   dan Asembagus harus ke Situbondo untuk bisa masuk pada sekolah yang favorit,maka setelah program ini berjalan  mereka cukup ke kota Besuki atau Kota Asembagus.
Program Bupati tersebut merupakan upaya menghilang disparitas kualitas pendidikan yang dirasakan selama ini, sejalan dengan Renstra Kemendikbud, bahwa pada periode 2010-2014, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  menetapkan visi Terselenggaranya Layanan Prima Pendidikan Nasional untuk Membentuk Insan Indonesia Cerdas Komprehensif.
 Insan Indonesia cerdas komprehensif adalah insan yang cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual dan cerdas kinestetis.
Cerdas Spiritual memiliki makna bahwa siswa diharapkan mampu beraktualisasi diri melalui olah hati/kalbu untuk menumbuhkan dan memperkuat keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia termasuk budi pekerti luhur dan kepribadian unggul.

Cerdas emosional dan sosial : cerdas emosional  memiliki makna bahwa siswa mampu beraktualisasi diri melalui olah rasa untuk meningkatkan sensitivitas dan apresiativitas akan kehalusan dan keindahan seni dan budaya,serta memiliki kompetensi untuk mengekspresikannya sedangkan cerdas sosial memiliki makna agar siswa memiliki kemampuan beraktualisasi diri melaluiinteraksi sosial dengan cara (a) membina dan memupuk hubungan timbal balik;(b)demokratis;(c)empati dan simpati;menghargai kebhinnekaan dalam bermasyarakat dan bernegara;berwawasan kebangsaan dengan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Cerdas Intelektual memiliki makna bahwa  siswa  diharapkan mampu beraktualisasi diri melalui olah pikir untuk memperoleh kompetensi dan kemandirian dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjadi insan intelektual yang kritis,kreatif,inovatif,dan imajinatif.

Cerdas Kinestetis memiliki makna bahwa siswa diharapkan  mampu beraktualisasi diri melalui olahraga untuk mewujudkan insan yang sehat,bugar,berdayatahan,sigap,terampil,dan trenginas.
Untuk mewujudkan visi tersebut, Kementerian Pendidikan Nasional menetapkan lima misi yang biasa disebut lima (5) K, yaitu; ketersediaan layanan pendidikan; keterjangkauan layanan pendidikan; kualitas/mutu dan relevansi layanan pendidikan; kesetaraan memperoleh layanan pendidikan;kepastian/keterjaminan memperoleh layanan pendidikan.

Dengan  Pilar 5K ini akan membangun tembok-tembok kebijakan pendidikan, sehingga sistem pendidikan akan berkembang menjadi sesuatu bangunan yang kokoh dengan arsitektur
bangunan yang responship terhadap dinamika perkembangan ilmu pengetahuan, serta mengembangkan masyarakat yang lebih progresif. Implementasi pilar 5K merupakan wujud dari pelayanan prima serta sebagai bentuk pengabdian pemerintah kepada masyarakat. .
Pilar Ketersediaan merefleksikan jaminan, bahwa layanan pendidikan harus tersedia bagi semua anak usia sekolah,dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi .
Pilar Keterjangkauan mempunyai dua makna, yakni Keterjangkauan secara ekonomis (affordable), dan Keterjangkauan secara geografis (reacheable).
Pilar  Kualitas/Mutu pendidikan memang menjadi salah satu kebijakan pendidikan pada periode 2010 – 2014,secara luas mutu dapat diartikan sebagai agregat karakteristik dari produk atau jasa yang memuaskan kebutuhan konsumen/pelanggan. Karakteristik mutu dapat diukur secara kuantitatif dan kualitatif. Dalam pendidikan, mutu adalah suatu keberhasilan proses dan hasil belajar yang menyenangkan dan memberikan kenikmatan kepada pelanggan.
Pilar Kesetaraan memiliki makna bahwa setiap warga negara Indonesia memiliki kesetaraan dalam  memperoleh pendidikan berkualitas dengan mdmperhatikan keberagaman latar belakang sosial-budaya, ekonomi, geografi, gender, dan sebagainya.
Pilar Kepastian merupakan komitmen pemerintah untuk menjamin bahwa peserta didik dapat memilih jenis dan jalur,serta jenjang pendidikan yang sesuai dengan potensi akademis, minat dan bakatnya. Kini, tinggal menunggu implementasi di lapangan,karena  program ini akan berhasil apabila mendapatkan  dukungan dari semua pihak terutama orang tua dan para pendidik.  Semoga para pelaku pendidikan mampu  mengubah paradigma kerjanya dengan  menjunjung nilai- nilai yang terkadung dalam moto  ”MELAYANI SEMUA DENGAN AMANAH” sehingga cita-cita mencerdaskan bangsa melalui pengelolaan pendidikan yang berkualitas secara merata dapat tercapai  . Semoga


                                                                             Drs.Budi Hartono
                                                                             Kabid Pemuda dan Olahraga
                                                                             Kabupaten Situbondo











Share this article :

1 komentar:

  1. Saya dukung Bapak Budi karena program itu sangat layak untuk di laksanakan di daerah kami ini.......

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. EDUKASI ONLINE STYLE - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya