Cek DAM di Desa Kerosari Ambruk - ...
Headlines News :

Edukasi online

Edukasi online
Logo Edukasi news

GIAT KARYA

GIAT KARYA
Pembangunan Gedung Redaksi edukasi news

GIAT KARYA

GIAT KARYA
PEMBANGUNAN GEDUNG REDAKSI EDUKASI NEWS

dasdasd

Home » » Cek DAM di Desa Kerosari Ambruk

Cek DAM di Desa Kerosari Ambruk

Written By Unknown on Jumat, 12 April 2013 | Jumat, April 12, 2013

Sebuah cek DAM telah ambruk di Desa Kertosari, Asembagus, Situbondo. Hal itu terjadi karena disinyalir/diduga kuat dikerjakan asal jadi dan tidak berpedoman pada RAB yang tersedia. Proyek pembangunan perbaikan Dam Irigasi yang mengaliri puluhan hektar sawah masyarakat Desa Kertosari dan perbatasan Desa Awar-Awar ini tidak menggunakan papan nama.

 Pekerjaan proyek yang baru selesai dibangun beberapa Bulan lalu tepatnya akhir Desember 2012-2013 kini mengalami ambruk.
Air di Dam tersebut keluar melalui bagian bawah bangunan, yang seyogyanya  akan menggerus pondasi bangunan.

Hal ini terjadi akibat pondasi bangunan yang dimaksud diduga tidak sesuai, baik kedalamannya maupun kualitas komposisi semen untuk adukan cornya. Terlihat dilokasi bangunan yang sudah ambruk dan  tanpa papan nama


Proyek perbaikan Dam Irigasi ini dikerjakan oleh pihak kontraktor siluman atau tidak jelas kontraktornya.
Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan bahwa proyek ini dikucurkan dari anggaran dana APBD atau pusat masih buram .

Karyanto, seorang warga masyarakat Desa Kertosari merupakan petani yang sawahnya dialiri air dari Dam tersebut, kepada wartawan mengatakan,

“Saat penggalian dan pemasangan pondasi saya melihat sendiri dan sempat ngobrol sama tukangnya. Saat itu galian pondasi tidak terlalu dalam dan dipasangi karung plastik berisi tanah, karena cekdam Irigasi ini sangat bermanfaat buat kami,  jangan dibuat asal-asalan. Kami yakin irigasi ini tidak dapat bertahan lama, dan kenyataannya kini sudah hancur. Oleh karena itu kami mohon pada pihak terkait, seperti dinas PU  untuk melakukan evaluasi serta perbaikan atas ambruknya Cek DAM tersebut," ujar Karyanto, Jum'at (12.4).

Sementara itu ketika seputar hal itu akan dikonfirmasikan kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU), Kepala Dinas PU belum berhasil ditemui. (ans/tim)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. ... - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya