Ritual selamatan Desa Bugeman rutin di laksanakan tiap tahun - ...
Headlines News :

Edukasi online

Edukasi online
Logo Edukasi news

GIAT KARYA

GIAT KARYA
Pembangunan Gedung Redaksi edukasi news

GIAT KARYA

GIAT KARYA
PEMBANGUNAN GEDUNG REDAKSI EDUKASI NEWS

dasdasd

Home » » Ritual selamatan Desa Bugeman rutin di laksanakan tiap tahun

Ritual selamatan Desa Bugeman rutin di laksanakan tiap tahun

Written By Unknown on Minggu, 17 Februari 2013 | Minggu, Februari 17, 2013

Ke
 Desa Bugeman  kecamatan Kendit  Kabupaten Situbondo kembali melaksanakan Puja desa atau selamatan desa. Dalam pelaksanaan selamatan desa semua elemin masyarakat Bugeman serentak melaksanakan  ritual dan selamatan , yang telah menjadi  sebuah tradisi turun menurun. Berbagai jenis makanan dan masakan yang dibuat oleh masarakat untuk di jadikan sesajen.sebagai bentuk puji  syukur kepada TUHAN yang Maha Esa atas berkah yang melimpah dan diberikan keselamatan dalam hidup.
Acara selamatan desa ini dilaksanakan tiap tahun ,tepatnya pada hari selasa ke empat  (4) atau hari selasa  terakhir dibulan Mauid (hijrriyah). Setelah selesai melaksanakan puja DO’A  semua masyarakat  bugeman berkumpul disembuah tempat yang telah ditentukan,untuk melaksanakan dan melihat sebuah pertunjukan kesenian  Tradisional Ojhung.
Kesenian Ojhung  ini menampilkan dua petarung yang menggunakan senjata rotan,untuk  memukul dan menangkis. Setiap petarung  diberi kesempatan masing –masing memukul 3 kali. Selagi salah satu petarung memukul maka petarung lain yang menjadi lawan tandingnya diberi kesempatan untuk menangkis, petarung yang paling banyak mengenai tubuh lawanya dianggap sebagai pemenang.Antraksi ini mampu memikat banyak masyrakat.
Perayaan ini dipercaya dan diyakini mengandung mitos.menurut seorang sesepuh desa bugeman  mengatakan bahwa perayaan ini harus diadakan dalam setiap tahun jika tidak maka desa kami akan mendapat kutukan atau balak, berupa penyakit dan musibah yang menimpah kepada masyarakat Bugeman.
Dalam  sambutannya wakil bupati Situbondo Rahmat SH. yang didampingi oleh kepala desa Bugeman Udit yuliyasto, mengatakan bahwa kesenian ojhung merupakan salah satu kesenian tradisional masyrakat bugeman yang mempunyai nilai budaya cukup tinggi sehingga patut untuk dilestrikan dan dijadikan budaya khas kabupaten Situbondo.  ( ipg )
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. ... - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya