PANTAI PASIR PUTIH NAN INDAH - ...
Headlines News :

Edukasi online

Edukasi online
Logo Edukasi news

GIAT KARYA

GIAT KARYA
Pembangunan Gedung Redaksi edukasi news

GIAT KARYA

GIAT KARYA
PEMBANGUNAN GEDUNG REDAKSI EDUKASI NEWS

dasdasd

Home » » PANTAI PASIR PUTIH NAN INDAH

PANTAI PASIR PUTIH NAN INDAH

Written By Unknown on Jumat, 23 September 2011 | Jumat, September 23, 2011


Situbondo,edukasi news

 Kalau kita pandang sekilas mata siapa yang tidak akan kagum menikmati keindahan pantai pasir putih yang letaknya sangat strategis di Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo Propinsi Jawa Timur.Pantai pasir putih sangat dikenal karena hamparan pasirnya yang putih. Sedangkan morfologi pantai inipun terbilang unik.Apalagi Topografinya yang melengkung menghadap ke laut dengan latar belakang hutan membentuk gugusan panorama yang sangat indah dan memuaskan siapa saja yang menikmati.

Pantai Pasir Putih Situbondo, memang sudah sesuai dengan namanya maka pantai ini sangatlah dikenal sebagai tempat wisata yang terkenal di kabupaten-kabupaten se Jawa dan Bali , suatu bukti bahwa apa bila wisatawan-wisatawan Jakarta yang kunjung ke Bali pasti mereka mampir  selain untuk beristirahat juga ingin menikmati indahnya pantai Pasir Putih ini.apa lagi di musim liburan panjang  atau menjelang hari Natal dan Tahun Baru ,para pengunjng sampai membludak memenuhi pantai dari ujung barat sampai ujung timur pantai bahkan jalanan sampai macet di buatnya. Sebab pengunjung datang baik dari daerah Kabupaten Situbondo juga datangnya dari Kabupaten-kabupaten tetangga memnuhi pantai Pasir Putih.Gugusan panorama yang sangat indah. Bilamana kita memandang ke arah utara, kita dapat melihat luasnya laut utara Jawa dengan garis putih di pinggir pantai, dan bila kita memandang di belakangnya, rimbunan hutan menyuguhkan kesejukan tersendiri samapi-sampai menusuk ke relung hati oh.....




Pasir Putih merupakan salah satu tujuan wisata pantai andalan bagi Provinsi Jawa Timur. Hal ini karena letaknya yang strategis. Pantai Pasir Putih Situbondo letaknya yakni di pinggiran jalan utama Surabaya-Banyuwangi atau bahkan menjadi jalan protokol Jawa Bali. Bagi wisatawan yang ingin menuju ke Bali dengan perjalanan darat dari Surabaya, atau bagi yang menuju kearah Gunung Bromo dari Banyuwangi, biasanya menyempatkan diri untuk mampir beristirahat dan menyaksikan keindahan panorama yang disuguhkan dan juga menikmati eloknya sunset ( di saat matahari terbenam ).

Olahraga laut seperti berenang, menyelam, maupun berselancar dapat dilakukan di pantai ini. Jika enggan berenang, pengunjung dapat menaiki perahu untuk berlayar dan menikmati pemandangan bawah laut, yang di penuhi dengan Ikan berwarna warni dari yang kecil sampai yang agak besar sehingga apa bila berkunjung ke Pasir Putih tidak naik perahu untuk menikmati pemandangan di bawah laut akan merasa rugi dan eman sekali. selain dari itu banyak hiburan-hiburan yang di tampilkan di sana seperti konser musik dan bermacam lomba seperti lomba selancar, memancing, dan lomba perahu nelayan tradisional sering diadakan untuk memuaskan para wisatawan.Bahkan Pantai Pasir Putih mendapat penghargaan sebagai tuan rumah PRAPON beberapa tahun lalu.

Untuk pengunjung yang belum mahir berenang, di sekitar lokasi pantai terdapat banyak penyewaan ban-pelampung untuk bermain-main di tengah laut. Wisatawan juga dapat menyewa perahu yang dilengkapi kotak-kaca untuk menyaksikan pemandangan bawah laut. Pengelola wisata juga menyediakan fasilitas kamar mandi, musholla, dan beberapa tempat untuk beristirahat berupa bangku beton yang biasanya dekat dengan para penjaja makanan.
Di tempat ini juga tersedia kios-kios yang menjual souvenir seperti replika perahu serta hiasan dan aksesoris dari kerang. Bagi yang ingin menginap, di sekitar lokasi terdapat penginapan berupa hotel, motel, dan losmen. Tetapi kalau ingin berkemah, ada juga area khusus untuk berkemah.

Selain itu, pada bulan Oktober para nelayan biasanya mengadakan upacara Petik Laut, yaitu melarung makanan, jajanan, dan kepala lembu ke tengah laut sebagai upaya memohon berkah hasil laut dari Tuhan. Pada upacara ini tak jarang diadakan pementasan musik ”Gandrung”, yaitu musik tradisional yang populer di daerah Banyuwangi dan sekitarnya.Dan perlu di ketahui jarak Pantai Pasir Putih dari kota kabupaten Situbondo hanya kurang lebih 28 Km sedangkan daari kota Besuki hanya berjarak sekitar 17 Km dan jika kita menggunakan Bus atau Taksi kita tidak akan kesasar karena satu jalur dengan artian jalan Protokol Jawa Bali. (Red)

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. ... - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya