Ada
hal yang berbeda dalam peringatan maulid nabi MUHAMMAD saw di SMP negri
1 panji situbondo tahun ini. acara untuk kali ini di awali dengan pawai
parade marchingband ' panji birawa d'crop ' dan seluruh siswa-siswi SMP
negri 1 panji. acara pawai tersebut juga di ikuti oleh beberapa guru
dengan menempuh jalur jalan basuki rahmat ,jalan madura ,dan jalan
argopuro hingga kembali ke sekolah. selanjutnya acara di teruskan pada
acara inti tentang hikmah maulid nabi MUHAMMAD SAW 1435 H. di samping
kepala sekolah SMP 1 PANJI ,HERRY S OFYAN M pdi, turut hadir juga sa'at
itu ketua komite JUNAIDI, acara tersebut sangat di sambut antusias oleh
para siswa dan juga para guru.
Di
kesempatan itu dalam sambutannya HERRY SOFYAN M.pdi berharap pada
seluruh siswa -siswinya agar bisa mengambil hikmah dari acara peringatan
maulid nabi MUHAMMAD SAW, terutama tentang kisah perjalanan ROSULULLAH
dalam menyampaikan ajaran islam dan bisa menerapkan dalam kehidupan
sehari-hari, terutama sa'at menuntut ilmu .pada sa'at ROSULULLAH
menjalankan syi'ar islam seringkalil mendapatkan banyak rintangan .namun
beliau menghadapinya dengan penuh kesabaran dan bijak dalam
menyelesaikan. dengan contoh sikap belliaulah kami berharap khususnya
pada para guru agar dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik juga
bisa mencontoh serta bisa memberikan pembelajaran terbaik bagi anak
didiknya ,ungkapnya.
Untuk meningkatkan prestasi anak didik dan mutu
pendidikan yang bertaraf nasional, dalam hal ini guru tetap memegang
peranan sangat siignifikan. namun bukan sekedar dalam kapasitasnya
sebagai sumber informasi saja ,melainkan juga sebagai model pengembangan
diri anak. guna memelihara dan meningkatkan prestasi anak didik di
perlukan adanya kerja sama yang baik antara guru dengan anak didiknya
.untuk itu guru memfasilitasi perkembangan nilai kemandirian anak
melalui proses penciptaan dan pembiasaan sebagai model kehidupan bagi
proses anak didik menuju kesuksesan .maka posisi guru demikian memegang
posisi kunci dalam proses fasilitasi sebagai model kehidupan individual
dan social anak didik serta tidak akan tergantikan oleh produk kemajuan
teknologi-komunikasi yang menjadi sumber ekstensif dan intensif bagi
informasi yang luas tentang berbegai materi pembelajaran .Oleh karena
itu, pendidikan sangat perlu untuk mengembangkan praktek pembelajaran
yang lebih sering di kenal dengan istilah " MENGAJAR DENGAN CONTOH
TELADAN ". dengan kapasitas guru demikian ,anak didik dengan segera bisa
menyerap ,mengembangkan dan sekaligus bisa mempraktikkan nilai yang di
sampaikan melalui pembelajaran materi, imbuhnya. ( ipung ) .
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !